PELAJARAN TENTANG GUNUNG API DARI

Andang Bachtiar

AMC – 073

======================

VOLKANOLOGI RINDU

Lava lebih tegas daripada tufa

Dia memberitahumu gunung apinya dimana

Tufa itu pengembara

Ribuan kilometer keliling dunia dia biasa

Kalau aku tufamu, engkau lavaku Bisakah kau kabarkan dimana rumah kepundan kita

Agar kuterbang kembali jadi partikeL debu ke sana

Menyelang-nyelingi lava

Meski bukan yang tertinggi

Puncak gunung api adalah ekstasi

Karena pernah kita rasakan kedekatannya

Saat meletuskan tufa melelerkan lava

Gairah Indah

Lavaku, tufamu

Gunung api strato adalah kita

ADB

Jkt-Bdengan, 6 Jun 2014

Bks-Jkt, 5 Jun 2017

=======================

Kiro2 ngene lho rek genah e …. maksud e puisi iku

Volkanologi iku ilmu sing membahas ttg Gunung Api (Volcano) ….

Lha Volkanologi Rindu iku “salah satu cabang” volkanologi …. wkwkwkwkwk

Gunung api itu bagiku merepresentasikan estetika keindahan, kekuatan sekaligus kelembutan, sensualitas sexy dan sekaligus menyeramkan… membangkitkan ke-tak berdaya-an…. Kombinasi dari semuanya itu akhirnya akan keluar dalam puji pujian dan rasa bersyukur : tasbih, tahmid, tahlil dan takbir.

Tasbih, tahmid, tahlil dan takbir iku seringkali metu dalam bentuk puisi.

Ada 3 jenis gunung api, yang suka meledak / meletus / menyembur disebut sebagai Cinder Cone Volcano (model corong), yang suka meleleh, meleler, mengalir disebut sebagai Shield Volcano (model tameng), dan ini dia lakonnya yang suka bergantian antara meletus menyembur meledak dengan meleleleh meleler mengalir berulang-ulang: disebut sebagai STRATO VOLCANO alias COMPOSITE VOLCANO…

Hampir semua gunung api di Indonesia bertipe strato volcano iku. Mari mbhledos buanter menyembur kuat terus diakhiri dengan meleleh meleler kemana-mana bergantian. Jadi setelah energinya yang utama dipakai untuk membongkar merombak morfologinya sendiri terutama di daerah puncak, kemudian energinya yang tersisa dipakai memuntahkan melelehkan melelerkan lava yang masih menggelegak di dalam dapur magmanya …. Saking “sugih”e dapur magma-e gunun-gunung api ndik Indonesia… yo ngonoiku sing terjadi di hampir 129 gunung api kita….

Lek gunung api cindercone koyok Paricutin ndik Mexico.. mari mbledosh nyembur pasir .. yowis entek magmane gak iso mendhledekkannya keluar menjadi lava.

Gunung api Kilauea ndik Hawaii sing sampek sak iki metu terus magmane dhadi lava sing ngalir sampek nang laut… iku termasuk gunung api tipe perisai alias Shield. Tidak ada letusan katastrofik yang menghancurkan morfologi kepundan/kawah, tapi dari awal yang keluar ya leleran lava alias batu “cair” puanas mongah-mongah koyok ngono. Walau kadang kadang juga terlihat lava itu muncrat-muncrat membentuk kolom api nang ndhuwur e pusat erupsi tapi itu semua bukan karena ledakan membongkar morfologi tapi hanya pelepasan energi kekentalan di dalam lavanya sendiri.

Nah… produk leleran lelehan sing dhlewer-dhlewer iku adalah LAVA… sementara iku produk letusan, bledosan, bongkaran gunung api disebut sebagai BOM, LAPILI, dan TUFFA … Eling wedhus gembel? Wedhus gembel iku isine bom, lapili, tuffa dan bahan-bahan rombakan dari puncak dan lereng gunung api yang ikut tercerabut longsor dan terbawa ….

“Lava lebih tegas daripada tufa

Dia memberitahumu gunung apinya dimana

Tufa itu pengembara

Ribuan kilometer keliling dunia dia biasa”

Kalau kita lihat singkapan batu yang berasal dari Lava dan apalagi kalau terlihat jelas struktur alirannya mana hulu mana hilirnya MAKA DENGAN MUDAH KITA TELUSURI DIMANA ASAL KAWAH KEPUNDAN YANG MENGELUARKANNYA… di kasus Letusan Gn Merapi misalnya aliran lava itu nggak lebih dari 10-15 Km dari arah puncak gunungnya.

Beda dengan Tuffa … tuffa bisa berupa debu yang dimuntahkan dilontarkan ke udara sampai 2-6 km di atas gunung apinya… makanya sering mengganggu penerbangan. Dan… tuffa bisa nyangkut terus di atmosfer kebawa kemana-mana muteri dunia. Contohnya 1883 waktu Krakatau meletus : Eropa juga gelap gulita karena ketutup debu Krakatau itu.

Jadi Lava dan Tuffa iku pasangan serasi Gunung Api tipe Strato Indonesia.

Coba sampeyan pergi ke puncak Tangkuban Prahu atau ke arah Penanjakan Bromo deh .. lihat Dinding Kawah Ratu atau Dinding Kaldera Bromo … atau bahkan dinding Kawah Bromo sendiri akan sampeyan lihat selang seling garis-garis “tuffa” (hasil letusan) berselingan bergantian dengan lava (hasil lelehan)…. indah dan serasi dan SeXy !!!

“Kalau aku tufamu, engkau lavaku

Bisakah kau kabarkan dimana rumah kepundan kita

Agar kuterbang kembali jadi partikeL debu ke sana

Menyelang-nyelingi lava”

Meski bukan yang tertinggi

Puncak gunung api adalah ekstasi

Karena pernah kita rasakan kedekatannya

Saat meletuskan tufa melelerkan lava

Gairah Indah

Lavaku, tufamu

Gunung api strato adalah kita

Jkt-Bdengan, 6 Jun 2014

Bks-Jkt, 5 Jun 2017”

Paris 26 Jul 2018

Salam

ADB